Humas-DPRK, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST melepaskan secara simbolis 50.000 ekor benih udang galah dan 10.000 ekor benih ikan nila dalam kegiatan restocking benih udang dan ikan di bawah jembatan Seruway-Bendahara Kampung Tangsi Lama Kecamatan Seruway, Rabu (25/9).

 

Ketua DPRK Suprianto,ST, Bupati Aceh Tamiang H.Mursil melepas benih udang galah dan ikan acara resctoking benih Udang dan Ikan di Sungai Tamiang (Sumber : Humas-Sekrt.DPRK A.Tamiang)

 

Dikatakan Ketua DPRK, Suprianto, ST memberikan apresiasi terhadap kegiatan restocking udang dan ikan di sungai, selain untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai tempat tumbuhnya aneka ikan, restocking ini  dilakukan agar udang dan  ikan yang telah ditebar pada masa mendatang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Suprianto, ST berharap masyarakat sekitar dapat ikut menjaga kelestarian ikan dilingkungan masing-masing dengan cara tidak mengambil ikan menggunakan alat berbahaya, seperti racun dan sentrum listik melainkan menggunakan alat tangkap udang dan ikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

DPRK Aceh Tamiang mendukung rencana usulan pembuatan rancangan qanun udang galah sebagai upaya melestarikan sekaligus mengembalikan udang galah sebagai komoditas unggulan di Aceh Tamiang.

Sebelumnya sambutan Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil, SH, M.Kn dalam kegiatan restocking Udang dan Ikan di Sungai Tamiang mengatakan Pemkab Aceh Tamiang berencana menyusun raqan udang galah sebagai upaya melestarikan sekaligus mengembalikannya sebagai komoditas unggulan, dikarenakan beberapa tahun lalu, udang galah Aceh Tamiang dikenal memiliki kualitas dan ukuran lebih baik dibanding daerah lain.

"Pembentukan raqan ini tidak terlepas dengan kondisi udang galah yang semakin langka, dan berharap raqan akan berisi peraturan yang melarang menangkap udang galah menggunakan alat tangkap ilegal, seperti racun, bom dan benda berbahaya lainnya." ujar H.Mursil,SH,M.Kn.

 

Ketua dan Anggota DPRK beserta Bupati, Kadis Pangan, Kelautan dan Perikanan Kab.A.Tamiang fhoto bersama Taruna/i SMK Negeri 1 Bendahara usai kegiatan restocking benih udang dan ikan di Sungai Tamiang (Sumber : Humas-Sekrt.DPRK A.Tamiang)

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRK Aceh Tamiang, Jayanti Sari, SH, Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Kab. Aceh Tamiang, Safuan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Aceh Tamiang, Muhammad Zein, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kab. Aceh Tamiang, M.Yunus,SP, Inspektorat Kab.Aceh Tamiang, Drs. Asra, Forkopimcam Seruway, Panglima Laot Lhok Kec.Seruway, Datok Tangsi Lama, Taruna/i SMK Negeri 1 Bendahara serta undangan lainnya.[ES]